Selasa, 16 Juni 2009

Jadilah manusia bermnfaat


sebaik-baiknya seorang manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

dari kalimat di atas, bisa disimpulkan bahwa kebanyakan dari kita masih belum menjadi manusia yang baik. karena masih sangat sedikit yang bisa kita lakukan demi orang lain. apalagi kaum-kaum pemuda dan seorang mahasiswa atau pelajar. seorang pelajar baru dikatakan berhasil jika ilmu yang diterimanya saat sekolah diaplikasikan kepada masyarakat. dan aplikasi ilmu itu harus dan wajib bermanfaat bagi orang lain. tidak boleh tidak. dan orang yang bermanfaat bagi orang lain belum tentu orang kaya ataupun kaum terpelajar. orang yang miskin pun bisa sangat bermanfaat bagi kita jika kita menyadarinya. kita ambil contoh seorang pemulung. berawal dari yang kecil seorang pemulung menjadikan lingkungan kita menjadi berkurang kadar sampahnya. kadang kita mencela pekerjaan pemulung itu. namun dibalik semuanya, ada kebaikan dan manfaat bagi kita. seperti pada gambar di atas.
seorang pemulung yang ada di daerah kampus IPB Dramaga, di jalan Babakan Raya. banyak orang tak menyadari kehadirannya. bahkan orang-orang sering menjauhinya karena terkesan menjijikkan. namun manfaat yang kita dapat sungguh luar biasa. selokan menjadi bersih, jalanan juga bersih. bayangkan jika tak ada seorang pemulung pun di Indonesia dan kesadaran orang-orang seperti sekarang, dengan mental egoisme orang-orang membuang tempat pada sampahnya (bukan membuang sampah pada tempatnya). dan jika tak ada pemulung di Indonesia, mau jadi apakah Indonesia ini? yang jelas tak lebih dari tumpukan sampah yang bau dan kotor.

oleh karenanya kita patut acungi jempol pada pemulung dan tim-tim kebersihan lingkungan yang ada di Indonesia. kita dukung dan bantu perjuangan mereka dengan tidak membuang sampah sembarangan. kita jadikan Indonesia pulau hunian yang nyaman dan hijau. HIDUP INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar